Home » Biologi » Tumbuhan Paku » Ciri-ciri

 

Ciri-ciri Tumbuhan paku Pterydophyta

Ciri-ciri Tumbuhan paku Pterydophyta. Tumbuhan paku adalah filum tumbuhan yang dikenal sebagai pakis. Lebih dari 12.000 spesies pakis didistribusikan di seluruh dunia. Tumbuhan paku (Pterydophyta) dibedakan dari tanaman berbunga dengan tidak memproduksi benih. Anggota tumbuhan paku mereproduksi melalui spora. Pakis adalah beberapa tanaman darat pertama bumi. Mereka tumbuhan vaskuler (berpembuluh) dan memiliki daun sejati. Tumbuhan paku memiliki banyak persamaan dengan lumut dan ganggang tetapi berbeda dengan tanaman pendek itu dengan adanya xilem dan floem untuk transportasi air dan bahan makanan. Pakis memiliki batang khusus, yang disebut rizoma (rimoang) yang tumbuh miring di permukaan atau bawah tanah. Banyak daun tumbuh dari rimpang dan membuat koloni pakis. Daun memiliki tangkai daun (daun tangkai) dan pisau (bagian utama dari daun). Setiap daun memiliki selebaran kecil yang disebut pinnae. Sebagai pengganti bunga, pakis memiliki sori, yang tumbuh secara langsung pada daun. Sori membuat spora, yang dapat berpindah dengan bantuan angin, air, atau hewan ke lokasi baru di mana koloni pakis baru dapat dimulai. Karena mereka disebarkan oleh spora, pakis tidak memiliki bunga, serbuk sari, buah, atau biji.

Ciri Umum Tumbuhan paku Pterydophyta

Reproduksi  Tumbuhan paku (Pterydophyta)

Pakis yang sangat dibedakan dari tanaman lain berdasarkan metode reproduksi. Bukannya menghasilkan biji, berkembang biak dengan membuat spora – struktur mikroskopis yang menggabungkan dengan sperma untuk menghasilkan generasi baru. Spora diproduksi yang berkembang menjadi gametofit. Gametofit tumbuh menjadi struktur berbentuk hati kecil yang mengembangkan antheridia jantan dan betina archegonia yang memproduksi sperma dan telur. Sperma dari antheridia membuahi telur dalam archegonia dan gametofit akan berkembang menjadi sporofit – orang dewasa pakis.

Habitat  Tumbuhan paku (Pterydophyta)

Pakis biasanya ditemukan di habitat perbatasan yang tanaman lain yang sulit untuk bertahan hidup masuk Mereka tumbuh di celah-celah batu, gurun, di pegunungan dan di hutan-hutan lembab dan teduh. Beberapa spesies adalah epifit yang tumbuh tanpa tanah di cabang-cabang pohon.

Struktur Tumbuhan paku (Pterydophyta)

Pakis memiliki akar berserat. Mereka umumnya dianggap tanaman non-kayu, tetapi beberapa pakis raksasa dapat dianggap semi-kayu. Mereka memiliki daun hijau yang memberikan energi melalui fotosintesis. Daun baru tumbuh dari spiral yang ketat disebut fiddlehead a. Mereka juga memiliki daun khusus yang menghasilkan spora disebut sporophylls. Pakis tumbuh dari rimpang yang duduk hanya di atas tanah.

Perbedaan antara bryophyta dan Tumbuhan paku

Bryophyta:
1. Tubuh tanaman utama adalah gametofit dan haploid.
2. Akar dan daun tidak ada.
3. Jaringan pembuluh tidak ada.
4. Archegonia dengan leher panjang memiliki 6 baris vertikal sel.
5. Sporofit adalah kapsuler dan benar-benar tergantung pada gametofit.

tumbuhan paku:
1. Tubuh tanaman utama adalah sporophyte dan diploid.
2. Akar dan daun ada.
3. ada Jaringan pembuluh.
4. Archegonia dengan leher pendek memiliki 4 baris vertikal sel.
5. Sporofit dibedakan ke akar, batang dan daun dan pada awalnya tergantung pada gametofit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s